Budidaya Kangkung Sistem Hidroponik


 

Budidaya yang sedang ramai dibicarakan sebagian orang adalah pemanfaatan lahan kosong untuk hidroponik. Sebenarnya cara hidroponik ini sudah lama dilakukan dan dikembangkan namun baru sekarang ini tren hidroponik kita lihat.Kangkung bisa ditanam dengan cara hidroponik juga.

Kangkung yang cukup umum dikonsumsi adalah kangkung darat dan kangkung air. Kedua jenis kangkung tersebut memiliki rasa dan gizi yang tidak jauh berbed. Tumbuhan yang termasuk jenis sayur-sayuran ini merupakan tanaman yang memiliki kemampun tumbuh dalam waktu cepat dan serempak. Hanya dalam waktu 4 – 6 minggu setelah benih disemai, kangkung sudah bisa dipanen dan dinikmati.

Kangkung hidroponik memiliki kualitas hasil yang cenderung lebih baik daripada tanaman yang ditanam secara konvensional atau menggunakan media tanah. Hal tersebut karena dipengaruhi dari perlakuan yang diberikan, mulai dari pembibitan, perawatan hingga masa panen. Peralatan hidroponik untuk kangkung yang diperlukan tidak banyak dan tidak akan menguras banyak isi dompet kita.

Bahan dan Alat

Bahan dan alat yang diperlukan untuk menanam kangkung hidroponik, antara lain :



  • Instalansi hidroponik yang sudah jadi
  • Benih kangkung yang berkualitas unggulan bisa didapatkan di toko kami
  • Rockwol
  • Nutrisi AB Mix
  • Buat persemaian
  • Larutan nutrisi AB Mix dengan air

Cara Tanam

Cara menanam kangkung sistem hidroponik

Pertama, siapkan instalasi hidroponik yang sudah jadi

Tentu saja ketika kita membuat sebuah instalasi harus benar-benar dicocokkan dengan lahan atau denah yang kita buat. Kesuksesan petani hidroponik adalah penanaman secara terus menerus dan tanpa ada henti. Untuk Anda yang tidak memiliki instalansi hidroponik, disini kami menyediakan instalasi hidroponik dan strarter kit hidroponik.

Kedua, membuat persemaian kangkung



Persemaian dibutuhkan ketika sudah mencapai semua perlengkapan tersebut. Lakukan persemaian dengan cara memotong bagian rockwol bentuknya kotak dan lubangi rockwolnya dengan tusuk gigi atau pulpen. Pada saat bibit berusia 5 – 7 hari untuk bisa ditanam dan dipindahkan ke dalam netpot yang berisi nutrisi.

Ketiga, melarutkan nutrisi AB Mix dengan air

Nutrisi AB Mix ini membutuhkan pelarut, jadi jangan memberikan dengan dosis yang kurang atau dosis berlebih. Setiap kemasan memiliki dosis yang berbeda, lihat pada produk kemasan yang tertera dan ikuti anjuran pakainya.

Keempat, merawat tanaman kangkung setiap hari

Setelah bibit dan persemaian selesai serta bahan-bahan sudah kita siapkan kemudian kita lakukan budidaya dan merawatya.



  1. Siapkan larutan AB Mix yang sudah kita larutkan dengan air kedalaman instalasi hidroponik
  2. Masukkan bibit tanaman kedalam netpot
  3. Netpot yang berisi bibit dimasukkan kedalam lubang tanam hidroponik
  4. Setelah dimasukkan pastikan air larutan pastikan sudah mengalir pada bagian rokwol, jika tidak maka Anda membutuhkan kain planel untuk membantu ai terangkat dan menyentuh akar.
  5. Untuk tahap selanjutnya Anda tinggal mengontrol air larutan AB Mix dan memberikan nutria AB Mix yang baru 1 – 2 minggu sekali. Control terus air nutrisi ini jangan sampai kering.

Itulah informasi dari kami tentang cara menanam kangkung dengan sistem hidroponik. Terimakasih kepada para pembaca. Semoga mendapatkan sedikit pengetahuan dan wawasan dari kami.

Apakah Anda ingin menanam sayuran dengan polybag atau sistem hidroponik ?

Kami menawarkan berbagai macam paket benih sayuran beserta polybag dan instalasi hidroponik.

 

 

0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya