Selang Drip Irigasi

Selang DRIP digunakan untuk sisitem irigasi pada lahan persawahan dan perkebunan. Biasa disebut irigasi tetes (drip irrigation). Irigasi tetes adalah metode irigasi yang digunakan untuk menghemat air dan pupuk dengan membiarkan air menetes secara pelan-pelan ke akar tanaman, baik melalui permukaan tanah atau langsung ke akar melalui jaringan katup, pipa dan emitor.

Maksud dan tujuan irigasi dengan selang drip adalah pemberian air pada lahan-lahan pertanian untuk memenuhi kebutuhan tanaman supaya tanaman tersebut tmbuh dengan baik. Pemberian air dengan selang drip umumnya dilakukan pada musim kemarau dimana kandungan air didalam tanah sangat sedikit karena tidak turun hujan dalam waktu yang cukup lama.

Jika musim panas telah tiba, tanah menjdai padat dan tidak gembur yang menyebabkan tanah tersebut kurang oksigen. Agar tanah mendapatkan oksigen dengan ruang perakaran tetap stabil maka perlu perhatian khusus untuk irigasi tanaman dengan selang drip.

Untuk penyiraman tidak perlu repot lagi, Anda cukup menggunakan irigasi selang drip karena apabila penyiraman dilakukan secara manual akan menguras tenaga dan menghabiskan waktu lama. Cukup memakai selang drip irigasi Anda bisa menyiram tanaman setiap hari untuk memenuhi pasokan air pada tumbuhan.

Sistem selang drip irigasi  dapat diaplikan pada berbagai jenis tanaman yang ditanam berderet dan memiliki nilai ekonomi tinggi. Contoh jenis-jenis tanaman yang cocok menggunakan selang drip irigasi antara lain:

  • Semangka
  • Pari
  • Mentimun
  • Kacang panjang
  • Cabai
  • Tomat
  • Melon



Cara Kerja Dari Selang Drip Irigasi

Cara kerja dari selang drip irigasi adalah dengan menampung air dalam wadah dan mengalirkannya ke tanaman menggunakan tekanan gaya gravitasi melalui lubang yang telah dibuat sesuai dengn kebutuhan tanaman.

Jika sistem selang drip irigasi lain menerapkan prinsip air bertekanan tinggi, tidak demikian halnya dengan sistem irigasi tetes. Air dibuang secara lambat, mulai dari tetes demi tetes, namun menyebar akurat sampai ke bagian akar tanaman.

Cara Pasang Selang Drip Irigasi

Berikut tahapan yang dilakukan dalam memasang selang drip irigasi, antara lain:

Pertama

Perlu dilakukan pengukuran toal panjang yang akan dipasang selang drip. Ini diperlkan untuk mengetahui seberapa banyak selang drip yang dibutuhkan.

Kedua

Kemudian selang drip bisa dipasang 1 atau 2 buah di setiap bedengnya, tergantung kebutuhan. Panjang selang drip sedikit dilebihkan dari panjang bedengan.

Ketiga

Selanjutnya siapkan selang induk dengan diameter 2 ataun 3 inch, tergantung kebutuhan. Biasanya bisa menggunakan selang plastik diameter 3 inch ataupun pipa PVC/paralon.

Keempat

Untuk menghubungkan selang induk dengan selang drip diperlukan konektor yaitu shok drat dalam dan shok drat luar. Ukuran shok drat disesuaikan dengan diaeter selang drip yang digunakan. Diameter selang drip umumnya sesuai dengan pipa ¾ inchi.

Kelima

Shok darat dipasang pada selang induk, lubang pada selang induk dibuat sedikit lebih kecil daripada diameter shok darat agar kuat dan tidak bocor. Untuk lebih kuat sebaiknya dipasang ring yang bisa dibuat sendiri menggunakan karet bekas ban motor.

Keenam

Siapkan pipa paralon ukuran ¾ inch dengan panjang 10 cm. Pip ini digunakan sebagai penghubung antara selang drip dengan shok darat yang terpasang pada selang induk.



Ketujuh

Jika sudah selesai, setiap ujung selang drip diikat kemudian pompa dihidupkan untuk mengetahui apakah selang drip berfungsi dengan baik atau tidak.

Kedelapan

Jika bedengan akan ditutup menggunakan mulsa, melubangi selang drip dilakukan setelah mulsa di pasang dan dilubangi supaya posisinya pas dengan lubang tanam,

Kesembilan

Air yang digunakan pada drip irigasi sebaiknya air bersih. Penggunaan air kotor/keruh akan menyumbat lubang-lubang pada drip dan dapat memperpendek umur selang drip.


Itulah informasi dari kami tentang selang drip irigasi. Terimakasih kepada para pembaca. Semoga mendapatkan sedikit pengetahuan dan wawasan dari kami.

Apakah Anda ingin menyiram tanaman menggunakan selang drip irigasi ?

Kami disini menyediakan selang drip irigasi untuk Anda.

Untuk pemesanan selang drip irigasi silahkan kunjungi https://indosuplai.com/jual-selang-drip/

 

1Komentar

  1. With our big selection of technologies and modern machinery for probably the most tough tasks, we second are|are actually} one of many largest contract manufacturers within the high-end machining sector all through Europe. A single CNC mill or CNC lathe have the ability to|could possibly|might have the ability to} perform quantity of|numerous|a selection of} actions in a sequence previously equal to a staff of machinists on separate machines. A lathe could also be} programmed to routinely change slicing heads mid-operation, saving time by which a standard lathe would need to be turned off, the top change manually, and then the process resumed. An professional manufacturing associate like Fast Radius can ease the burden. Our staff of seasoned designers, engineers, manufacturers, and technologists have a long time of expertise in designing, prototyping, and manufacturing superior CNC-machined elements. With our own fleet of in-house machines, we're professional CNC machine programmers.

    BalasHapus

Posting Komentar

Sebelumnya Selanjutnya