Fakta Unik Bunga Matahari



Bergerak Mengikuti Arah Sinar Matahari

Bunga matahari merupakan jenis tanaman yang punya perilaku unik bernama ‘Heliotropik’. Perilaku ini membuat tanaman bergerak mengikut arah matahari. Pada waktu pagi hari bunga akan mengarah ke timur sesuai sinar matahari terbit dan akan terus bergerak mengikuri sinar matahari hingga terbenam ke barat. Perilaku heliotropik ini secara perlahan memudar ketika biji-biji bunga matahari mulai tumbuh. Bunga matahari yang sudah tua hanya akan menghadap timur hingga akhir masa panen tiba.

Memiliki Ribuan Bunga Kecil

Bunga matahari memiliki kelopak yang berwarna kuning di bagian tengahnya berwarna cokelat. Jumlah kelopak bunganya sebanyak 2.000 buah yang membentuk struktur bunga seperi bentuk mtahari. Setiap kelopak bunga matahari terdiri dari banyak kelopak-kelopak bunga yang kecil. Kelopak yang di luar disebut kuntum sinar yang bisa bereproduksi. Pada bagian tengah kelopak terdapat benih yang berkembang dan memiliki organ reproduksi jantan dan betina yang dapat bereproduksi dan menghasilkan biji bunga matahari.

Kelopak bunga matahari dapat melakukan penyerbukan sendiri atau mengambil serbuk sari oleh angina atau diangkut oleh serangga. Jika waktunya sudah tepat, bunga kecil ini akan berubah menjadi biji bunga matahari yang sering dijadikan bahan-bahan pembuatan makanan. Biji bunga matahari ini dapat dipanen jika mahkota pada bnga tersebut telah rontok dan mengering.



Memiliki biji bunga yang unik

Uniknya, biji bunga matahari mudah di panen hanya dengan gerakan menggosok saja biji akan rontok dan terkumpul. Setelah masa panen bunga matahari tiba akan menghasilkan biji-biji yang akan menjadi calon tanaman baru dan ada juga untuk dikonsumsi. Ada dua jenis biji matahari yang umumnya dihasilkan, biji berminyak dan biji non berminyak.

Dapat diolah menjadi bahan makanan

Bunga matahari selain keindahannya, juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan pengobatan. Bunga matahari juga dapat dimanfaatkan sebagai makanan yang lezat. Biji bunga matahari sangat populer diolah sebagai cemilan yang nikmat, semua orang mengenalnya dengan sebutan kuaci.



Selain dijadikan cemilan, biji bunga matahari juga dimanfaatkan sebagai berbagai bahan jenis makanan, seperti di Jerman, yang diolah menjadi tepung gandum dan dijadikan makanan yang disantap bersama Sonnenblumenkernbot, yaitu sejenis roti.

Dijadikan Obat Penyembuhan

Bunga matahari ini memiliki sejarah sebagai bunga yang berkhasiat dalam penyembuhan. Di Meksiko, bunga matahari dipercaya dapat menyembuhkan rasa nyeri di dada. Beberapa suku Indian di Amerika juga memanfaatkan daun bunga matahari sebagai obat untuk ginjal di Suku Cherokee, sedangkan di Suku Dakota bunga matahari dipercaya menyebuhkan rasa nyeri di dada dan masalah paru-paru.

Bunga Matahari Tetap Populer Dari Masa Ke Masa

Bunga matahari pada awalnya merupakan bunga asli Amerika Utara. Orang Amerika mulai memperoduksi minyak bunga matahari dipelopori oleh petani Missouri pada 1946, ketika Kanada mengungkap cara kerja mesin penghancur biji bunga matahari untuk diambil minyaknya.

Bunga Matahari Sangat Membutuhkan Sinar Matahari

Bunga matahari bisa tumbuh dengan baik agar dapat berkembang dan tumbuh. Bunga matahari tumbuh sekitar 6 – 8 jam sehari. Beberapa bunga matahari tingginya dapat mencapai 16 kaki, namun tidak selalu sama karena tergantung pada jenis varietasnya.

Bunga Matahari Memiliki Spesies Yang Banyak

Bunga ini memiliki genus Helianthus yang merupakan bahasa Yunani yang artinya bunga matahari. Bunga matahari di belahan dunia dapat dijumpai sekitar 70 spesies. Masing-masing spesies memiliki bentuk yang berbeda-beda.

Bunga Matahari Mampu Menyerap Radiasi Nuklir

Selain bentuknya yang cantic, bunga matahari ternyata dapat menyerap radiasi nuklir. Hal ini seperti di Jepang saat terjadi bencana tsunami yang membat reactor pembangkit listrik tenaga nuklir rusak. Akhirnya warga setempat menanam jutaan bunga matahari untuk mengatasi permasalahan tersebut.


Bunga Matahari Dijadikan Sebagai Sabut Cuci

Bunga matahari merupakan bunga multifungsi. Kepala bunga matahari yang telah kosong dari biji dapat dimanfaatkan sebagai bantalan scrubbing sekali pakai untuk membersihkan peralatan dapur dan keperluan rumah tangga.

Bunga Matahari Panen Di Pagi Hari

Bunga matahari banyak dimanfaatkan untuk membuat rangkaian bunga dan untuk menghias ruangan. Dianjurkan untuk memetik bunga matahari di pagi hari agar tampak segar dan indah.

Itulah informasi dari kami tentang fakta unik bunga matahari. Terimakasih kepada para pembaca. Semoga mendapatkan sedikit pengetahuan dan wawasan dari kami.

Apakah Anda ingin menanam bibit bunga matahari ?

Kami disini menyediakan bibit bunga matahari untuk Anda. Untuk pemesanan bibit bunga matahari silahkan kunjungi https://indosuplai.com/jual-bibit-bunga-matahari/

 

 

0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya