Bunga matahari keberadaannya yang melimpah dan mudah diperoleh yang memberikan peluang besar bagi Anda, karena tanaman ini dapat ditingkatkan nilai gunanya. Bunga matahari memiliki ciri khusus yaitu setiap berbunga selalu mengikuti arah cahaya matahari. Bunga matahari ini berbatang kecil dan umurnya tidak dapat bertahun-tahun hanya berumur 6 – 8 bulan saja. Setelah bunga dan biji tua matahari sudah tidak menghasilkan bunga lagi, maka pohonnya lama kelamaan akan mati karena bunga matahari hanya berbunga satu kali saja.

Bunga matahari merupakan salah satu bunga lengkap yang memiliki 4 (empat) bagian utama pada bunga yaitu mahkota bunga, kelopak bunga, benang sari dan putik. Berikut adalah beberapa bagian yang ada pada bunga matahari beserta fungsinya, antara lain:



Mahkota bunga matahari

Secara morfologi, mahkota bunga merupakan modifikasi daun dan berfungsi pula untuk melindungi organ reproduksi pada bunga. Mahkota bunga ata disebut juga sebagai corolla merupakan bagian buga yang paling mencolok. Mahkota bunga memiliki fungsi untuk menarik serangga.

Bagian mahkota bunga berwarna-warni dan terlihat sangat indah. Selain itu ukuran mahkota bunga juga paling besar disbanding dengan bagian-bagian yang lainnya. Warna mencolok mahkota bunga memiliki fungsi sebagai penarik perhatian serangga penyerbuk untuk proses penyerbukan. Mahkota bunga terletak pada bagian lingkaran di sebelah dalam kelopak bunga.

Kelopak bunga matahari

Benang sari adalah alat kelamin jantan atau dikenal sebagai androecium. Bunga matahari biasanya terdiri dari empat kotak sari yang disebut mikrosporangia sebagai organ reproduksi jantan pada bunga.

Benang sari terdiri dari 3 (tiga) bagian, antara lain:

Tangkai sari (filament) merupakan bagian sari yang membuat posisi kepala sari berada cukup tinggi dari bunga untuk membantu proses penyerbukaan bunga.

Kepala sari (anter) merupakan bagian paling ujung dari tangkai sari dengan ruang-ruang untuk dapat menampung serbuk sari.

Serbuk sari (polen) merupakan bagian benang sari yang terdiri dari sel-sel kelamin jantan yang digunakan saat proses penyerbukan.

Putik bunga matahari

Putik merupakan alat kelamin betina juga disebut sebagai gynoesium. Putik biasanya terletak pada bagian tengah-tengah bunga. Putik mengandung sel telur yang berguna pada proses pertumbuhan.

Putik terdiri dari 3 (tiga) bagian, antara lain:

Tangkai putik (stilus) merupakan bagian putik yang membuat posisi kepala putik berad cukup tinggi dari bunga untuk membantu proses penyerbukan bunga.

Kepala putik (stigma) merupakan bagian putik yang paling ujung atau pucuk dari putik.

Bakal buah (ovarium) merupakan bagian putik yang mengandung sel telur dan terletak di dasar bunga.

Bakal buah bunga matahari

Bakal buah disebut ovarium mengandung sel telur yang terletak pada dasar bunga. Fungsi bakal buah adalah sebagai tempat terjadinya pembuahan dimana terjadi peleburan antara gamet jantan dan gamet betina, sehingga terbentuklah bakal buah.

Bakal biji bunga matahari

Bakal biji terbungkus oleh bakal buah atau ovarium dalam bunga tersebut. Sedangkan pada kelompok tumbuhan berbiji, bakal biji akan terbuka dan dapat terlihat secara langsung. Fungsi bakal biji adalah untuk melindungi dan menjadi tempat pertemuan sel-sel telur yang dibuahi  serbuk sari melalui proses penyerbukannya. Bakal biji yang dibuahi akan berkembang menjadi sebuah biji.

Tangkai bunga matahari

Tangkai bunga nama latin tangkai bunga adalah pedicellus. Bagian tangkai ini tepat berada di bagian bawah bunga dan bertindak sebagai pendukung terakhir dari cabang pada bunga. Fungsi tangkai bunga yaitu menjadi penghubung antara bunga dengan ranting. Tepatnya, tangkai bunga juga berfungsi sebagai penopang bunga.

Dasar bunga matahari

Dasar bunga memiliki nama latin adalah receptacle. Bagian ini merupakan bagian ujung bunga sesudah bagian tangkai bunga. Fungsi dasar bunga adalah berguna sebagai tempat melekatnya mahkota bunga.

Daun pelindung bunga matahari

Daun pelindung memiliki nama latin yaitu brachtea. Fungsi daun pelindung sebagai tempat tumbuh bunga. Daun ini adalah daun yang di sisi-sisinya ditumbuhi bunga yang tumbuh dan berkembang. Bagian daun pelindung ini sedikit berbeda dengan bagian yang ada pada kelopak bunga karena bagian ini adalah daun terakhir yang menjadi tempat tumbuh bunga.

Daun tangkai bunga matahari

Bagian daun tangkai memiliki nama latin yaitu brachteola. Daun tangkai ini berada di pangkai tangkai bunga yang memiliki fungsi sebagai pelindung. Letak dari daun tangkai ini berada di pangkal tangkai bunga yang berfungsi sebagai pelindung dari bagian-bagian bunga lainnya.

Itulah informasi dari kami tentang sejarah dan habitat bunga matahari. Terimakasih kepada para pembaca. Semoga mendapatkan sedikit pengetahuan dan wawasan dari kami.

Apakah Anda ingin menanam bibit bunga matahari ?

Kami disini menyediakan bibit bunga matahari untuk Anda. Bayar di Tempat Saat Barang Sudah Diterima , Jadi Transaksi Aman Tanpa Resiko Pakai COD !!!

Untuk pemesanan bibit bunga matahari silahkan kunjungi https://indosuplai.com/jual-bibit-bunga-matahari/

 

 

 

 

 

1Komentar

  1. Universities supply programs on issues may be} adjoining to 3D printing like CAD and 3D design, which could be applied to 3D printing at a certain stage. When we first started running a blog about 3D printing again in 2011, 3D printing wasn’t ready for use as a production technique for giant volumes. Nowadays there are numerous examples of end-use 3D printed client merchandise. As it evolves, 3D printing technology is destined to rework nearly every main business and change finest way|the way Blowjobsex Toy Adult in which} we stay, work, and play sooner or later.

    BalasHapus

Posting Komentar

Sebelumnya Selanjutnya